Peneraan Metode Reward And Punishment Sebagai Upaya Peningkatan Kedisiplinan Pada Pembelajaran Kewarga Negara Siswa Kelas V MI Nurul Huda Tahun Ajaran 2022-2023
DOI:
https://doi.org/10.52491/ibtidaiyah.v1i2.15Keywords:
Kata Kunci: Reward and Punishment.kedisilinanAbstract
ABSTRAK
Kegiatan pembelajaran dalam dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan. Reward and punishment merupakan alat untuk membantu siswa dalam termotivasi dalam peningkatan kedisiplinan. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini ialah: untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode reward and punishment di MI Nurul Huda kelas V pada mata pelajaran pkn, dan bagaimana peningkatan kedisiplinan dengan penerapan metode reward and punishment. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode reward and punishmen pada mata pelajaran pkn dan untuk menciptakan keadaan kelas yang kondusif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yang didasarkan pada hasil observasi kedisiplinan siswa yang dilakukan dalam beberapa tahapan diantaranya: tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahapan disiklus I diperoleh 70% DAN Pada siklus ke II diperoleh 88% dengan kategori “sangat baik”.