FOCUS AND SCOPE
REVIEWERS
EDITORIAL TEAMS
OPEN ACCESS POLICY
PLAGIARISM POLICY
PUBLICATION ETHICS
AUTHOR GUIDELINES
PEER REVIEW PROCESS
Penyerahan Naskah
Penulis harus menyerahkan naskah (Bahasa Inggris atau Indonesia) dalam bentuk softfile
melalui pengiriman online, dengan melampirkan:
1. Surat pengantar
2. Usulan Peninjau Potensial
3. Naskah
1. Gambaran Umum Proses Peer Review
Pada dasarnya, naskah yang dikirimkan akan dievaluasi oleh reviewer yang ditunjuk oleh
dewan redaksi.
Naskah yang dikirimkan akan ditinjau untuk pertama kalinya oleh Pemimpin Redaksi untuk
kesesuaian bahasa dan kesesuaian dengan ruang lingkup jurnal dan prosedur penulisan sesuai
dengan pedoman penulis. Jika menurut redaksi naskah layak untuk direview oleh tim reviewer
yang terdiri dari 2 orang, maka naskah akan dikirim ke reviewer, namun jika manuskrip tidak
sesuai dengan kriteria awal, maka naskah akan dikembalikan ke pengarang.
Tim review yang terdiri dari 2 orang akan melakukan review menggunakan metode Blind review
process dimana reviewer tidak akan mengetahui nama penulis dalam naskah. Kriteria penilaian
meliputi orisinalitas, signifikansi dan tulisan. Dewan Redaksi berwenang untuk menerima atau
menolak naskah yang dikirimkan, serta meminta penulis untuk mengirimkan kembali naskah yang
dikirimkan.
Penyaringan plagiarisme dari teks yang dikirimkan ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan
aplikasi TURNITIN. Semakin banyak plagiarisme, artikel akan langsung ditolak (jika lebih
dari 20% tidak mencantumkan daftar pustaka).
2. Ikhtisar Spesifik Proses Peer-Review
Reviewer akan diminta untuk memberikan komentar secara detail dan konstruktif dimana
komentar tersebut akan menjadi dasar pertimbangan redaksi untuk menolak atau menerima
artikel yang telah dikirimkan. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari reviewer
adalah sebagai berikut:
Orisinalitas dan signifikansi
Reviewer diminta untuk membahas orisinalitas temuan yang disampaikan dalam sebuah artikel.
Selain itu, peninjau harus melihat apakah temuan tersebut dapat mempengaruhi komunitas
ilmiah secara signifikan. Jika reviewer menemukan karya yang sama dengan artikel yang
direview, reviewer dapat memberikan saran atau kritik untuk memperbaiki cara penyampaian
hasil penelitian.
b. Kebaruan pendekatan teoretis dan cara mendiskusikan masalah
Reviewer diminta untuk membahas kebaruan pendekatan teoritis dan cara penulis mendiskusikan
hasil penelitian untuk memecahkan masalah. Unsur kebaruan ini biasanya terlihat pada bagian
pendahuluan sebagai pengantar terhadap urgensi penelitian yang telah dilakukan.
c. Kekuatan dan kelemahan metode yang digunakan
Reviewer diharapkan mampu menilai metode yang digunakan. Analisis statistik atau metode
analisis lain yang mempengaruhi interpretasi hasil harus dikritik untuk meningkatkan
kualitas artikel yang ditinjau.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiyah is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Huda College of Islamic Studies, Peleyan, Kapongan, Situbondo East Java, Indonesia.