Problem Solving Untuk Anak Dyscalculia Dengan Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) Pada Kelas IV MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023

Problem Solving Untuk Anak Dyscalculia dengan Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik)

Authors

  • nurulsofia sofia
  • Moh. Nur Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.52491/ibtidaiyah.v1i2.11

Keywords:

Problem Solving, Dyscalculia, PMR (Pembelajaran matematika Realistik).

Abstract

Skripsi membahas tentang  Problem Solving Untuk Anak Dyscalculia dengan Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) pada Kelas IV MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023.Tujuan penelitian adalah untuk memecahkan permasalahan yang ada pada anak Dyscalculia dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Matematika di kelas IV MI Nurul Huda Peleyan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action Research). Subjek penelitian terletak pada Kelas IV MI Nurul Huda peleyan, sedangkan obyek penelitiannya adalah Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan.Data diperoleh melalui Observasi, Dokumentasi, Wawancara, tes. Analisis data digunakan dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PMR (Pembelajaran Matematik Realistik) dapat membantu menangani permasalahan yanga ada pada anak Dyscalculia dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat diukur dari hasil evaluasi pada siklus I, siklus II dengan nilai tes hasil belajar pada siklus I 68,75% siklus II 93,82%  dengan demikian hasil penelitian di MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo telah mencapai ketuntasan belajar.

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles